17 Kali

TENGGARONG -Pesta adat Erau Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura 2019 kembali dimeriahkan dengan acara Beseprah atau makan bersama yang digelar di depan Keraton atau Museum Mulawarman Tenggarong, Rabu (11/9). Dua baris kain putih dibentangkan di atas aspal sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, Tenggarong. kurang lebih satu kilo meter panjangnya mulai dari depan Pasar Seni sampai depan Planetarium Jagat Raya Tenggarong.

Acara makan bersama, dimulai setelah Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Aji Muhammad Arifin melakukan pememukulan gong didampingi Bupati Kukar Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Yohanes Alling, Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Didi Pambudi, dan kerabat Kesultanan Kutai.

Beseprah sendiri merupakan sebuah tradisi makan bersama yang biasa dilakukan masyarakat Kutai di masa lalu. Acara makan bersama ini dilakukan dengan cara duduk berhadapan yang bermakna kebersamaan. Sementara aneka makanan disajikan diatas kain yang dibentangkan secara memanjang. Ribuan warga tampak antusias mengikuti acara Besaprah yang dimulai pukul 07.30 hingga pukul 08.30 Wita itu. Aneka makanan khas Kutai itu bisa dinikmati secara gratis sebagai partisipasi pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Kukar hingga swasta selaku sponsor.

Karena acara Beseprah digelar pada pagi hari, kuliner yang disajikan kebanyakan adalah makanan khas untuk sarapan pagi. Mulai dari nasi kuning, nasi kebuli, hingga aneka Jaja' (kue), seperti serabi, amparan tetak, lumpia, dadar gulung, dan lain sebagainya. Edi menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin beserta para kerabat atas terlaksananya Pesta Adat Erau 2019.

Diharapkannya, dari kegiatan Beseprah ini memberikan makna sebagai bagian dari menjaga tradisi, dimana Sultan dan para kerabat menggelar kegiatan beseprah bersama dengan rakyatnya."Saya harap kegiatan ini bisa terus memperkuat ikatan kebersamaan, memperkuat persatuan, dan persaudaraan, sehingga bisa menjadi kekuatan kebersamaan kita bersama-sama melaksanakan pembangunan di Kabupaten Kukar sesuai dengan peran fungsi kita masing masing," katanya. Selama kegiatan Beseprah berlangsung, tamu undangan disuguhkan hiburan musik Tingkilan dari Kecamatan Muara Kaman dibawa pimpinan langsung Camat Muara Kaman, Surya Agus. (Abdul Rahman/Medsi05)

Perang Beras Menjadi Puncak Prosesi Bepelas ke- 6

Berita Sebelumnya

Resmikan Masjid dan Posyandu Desa Batuah, Bupati Apresiasi PT ABK

Berita Selanjutnya

Yang Lain di INFO KUKAR

Tinggalkan Komentar