5 Kali


TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah panen padi bersama kelompok tani Sumber Makmur di Desa Sidomulyo Kecamatan Anggana, Sabtu (9/8/2019). Adapun padi yang dipanen jenis varietas unggul baru (VUB) Inpara, Inpari, Inpago untuk mendukung pengembangan indeks pertanaman (IP 300) di lahan pasang surut.

Dalam sambutannya Edi mengapresiasi atas upaya Kelompok Tani serta pihak terkait atas keberhasilan penanaman padi hingga panen tersebut, termasuk kepada Balai Pengembangan Teknologi Pertanian RI Perwakilan Kalimantan Timur serta Fakultas Pertanian Unmul yang terus melakukan kerja sama bersama Pemkab Kukar untuk mendorong dalam pengembangan teknologi pertanian, serta mendampingi untuk melakukan riset di Kukar.

Selanjutnya, Edi bersyukur bahwa menurut data statistik sektor pertanian Kukar terus meningkat. Dilihat dari tahun 2015, 2016 pertanian Kukar berada di angka 10 persen, terus ditahun 2016, 2017, 2018 angka itu meningkat sekarang sudah mencapai 13,7 persen. "Semua ini membuktikan apa yang sudah dikerjakan selama ini memberikan kontribusi nyata, memberikan bukti peningkatan, bahwa memang sektor pertanian yang menjadi andalan Kukar ini, sangat tepat sekali kalau dikembangkan dan ditingkatkan,” ujar Edi.

Maka dari itu kebijakan Pemkab Kukar menjadikan sektor pertanian ini sebagai andalan, sehingga kerangka kebijakan Pemkab Kukar untuk mendukung pembiayaannya sekitar 10 persen dari APBD yang dialokasikan untuk sektor pertanian dalam arti luas. Edi juga menyinggung peran Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kukar agar dapat mendorong dan memberikan motivasi para pemuda untuk mau terjun langsung dalam dunia pertanian menjadi pemuda tani yamg handal, kreatif, mandiri dan sejahtera. Peranan kelompok tani Gapoktan, KWT dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) harus lebih dioptimalkan sebagai tempat/wahana para pemuda tani untuk belajar/magang.

Diakhir sambutannya Bupati berharap agar kelompok tani di Anggana saling bersinergi pada pemerintah serta dunia usaha, agar dapat meningatkan sumber daya manusia pertanian yang handal yang dapat mengelola lahan pertanian. Hadir dalam panen tersebut Kepala BPTP Kementrian RI M Amin, Dekan Fakultas Pertanian Unmul Prop Dr H Rusdi, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kab Kukar, Camat Anggana, Ketua KTNA Prop Kaltimn, para Kepala Desa,para pengurus kelompok tani serta undangan lainnya.(Yli-Medsi03)

45 Anggota DPRD Kukar Resmi Menjabat, Bupati Ingatkan Tiga Fungsi Legislatif

Berita Sebelumnya

Bupati Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid dan Tingkatkan Kepedulian

Berita Selanjutnya

Yang Lain di INFO KUKAR

Tinggalkan Komentar