3 Kali

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan operasional Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Kembang Janggut berkapasitas 20 liter per detik. Peresmian tersebut ditandai dengan pemecahan kendi air dan pengguntingan pita oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Kementerian Pekerjaan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya Sandhi Eko Bramono, dilanjutkan dengan peninjauan IPA PDAM Kembang Janggut, awal pekan tadi.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengapresiasi atas sinergitas Kementerian Pekerjaan Perumahan Rakyat yang membangun IPA PDAM Kembang Janggut, dengan harapan bisa menambah jangkauan layanan air bersih masyarakat yang berkualitas. “Sinergitas pemkab Kukar dengan Kementerian PU sudah tiga tahun ini berjalan dengan baik. Jika Kementerian PU membangun pengolahannya, maka Pemkab Kukar melalui PDAM Tirta Mahakam membangun jaringan pipanisasinya. Ini bagian dari komitmen Pemkab Kukar dalam pemenuhan layanan dasar air bersih bagi masyarakat,” katanya.

Edi juga mengapresiasi jajaran Direksi PDAM Tirta Maham yang sudah mampu menterjemahkan kebijakan pemerintah daerah, salah satunya pemenuhan layanan air bersih di Kukar. “Terima kasih Direktur Utama PDAM Tirta Mahakam (Suparno-red) dan jajarannya yang terus bekerja keras, secara bertahap melakukan update data layanan, sehingga perencanaan yang sudah tersusun baik dapat dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa layanan air bersih merupakan urusan wajib pemerintah daerah yang tidak boleh ditawar-tawar. Hanya karakteristik geografis Kutai Kartanegara yang sangat luas, sehingga beberapa desa belum tersentuh layanan air bersih. “Ya, salah satu solusinya dengan membangunkan instalasi portable dan dihibahkan ke desa. Selanjutnya dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) setempat,” katanya.

Ditambahkan Edi, berharap peran serta dunia usaha, masyarakat dan pemerintah daerah dalam bingkai kebersamaan harus terus terjaga dan berjalan baik. “Artinya, pemerintah tidak bisa jalan sendiri melainkan sinergitas bersama pemangku kepentingan, masyarakat dan duia usaha harus bersinergi dan menjalankan fungsi masing-masing. Mudah-mudahan dengan beroperasinya IPA ini, pemenuhan instalasi air bersih di Kembang Janggutberkapasitas 20 liter per detik bisa melayani kebutuhan air bersih masyarakat,” harap Edi.

Diketahui, selain peresmian IPA PDAM Kembang Janggut, turut diresmikan Pembangunan Jaringan dari SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Anggana untuk kawasan Anggana. Kemudian pembangunan IPLT (Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja) di Kecamatan Tenggarong, serta penyerahan Kartu JKN, KIS,PBI APBD Kukar Kepada Masyarakat Kembang Janggut. (Medsi01**)

Bupati Kukar Hadiri Pisah Sambut Kajati Kaltim

Berita Sebelumnya

Bupati Lantik 83 Pejabat Fungsional Pemkab Kukar

Berita Selanjutnya

Yang Lain di INFO KUKAR

Tinggalkan Komentar