11 Kali

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan secara simbolis 3 ( tiga ) bangunan Water Treatmen (WTP) di Kantor PDAM Cabang Loa Janan Jalan Gerbang Dayaku Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan, Senin (9/9/2019). Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti. Turut hadir Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Anang Muchlis, Anggota DPRD Kukar Johansyah, Asisten II Setkab Kukar Sukrawardy dan Direktur PDAM Tirta Mahakam Kukar Suparno.

Direktur PDAM Kukar Suparno mengatakan ketiga penambahan bangunan WTP tersebut adalah WTP instalasi pengelolaan air bersih IPA kapasitas 50 liter /detik Desa Loa Janan Ulu, IPA kapasitas $0 liter/detik Desa Bakungan, IPA kapasitas 30 liter / detik untuk Desa Batu Batu Kecamatan Muara Badak. “Ketiga WTP tersebut merupakan proyek kegiatan Tahun 2019,” kata Suparno.

Ia berharap dengan bertambahnya bangunan WTP tersebut dapat memenuhi hak dasar masyarakat akan kebutuhan air bersih, khususnya di wilayah Kecamatan Loa Janan. Ia juga menyadari kedepannya tantangan yang akan dihadapi PDAM semakin berat, namun pihaknya akan terus berupaya dan optimis akan percepatan pelayanan dan bertambahnya cakupan pelayanan. “Apa yang kami lakukan hari ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kukar yaitu dengan memprioritaskan anggaran untuk pemenuhan hak dasar masyarakat,”kata Suparno.

Sementara itu, Edi Damansyah mengapresiasi atas kinerja jajaran PDAM atas upaya pemenuhan kebutuhan air bersih di wilayah Kecamatan Loa Janan. “Saya ingin jajaran PDAM untuk terus focus pada perencanaan yang telah dibuat, termasuk rencana staregis PDAM dalam pemenuhan air bersih di Kukar,” kata Edi Damansyah.

Lebih lanjut dikatakannya Pemkab Kukar telah menyusun rencana strategis rumah besar pengentasan kemiskinan, dimana seluruh program strategis yang telah tersusun memiliki karakteristik tersendiri. Untuk itu, ia meminta Organisasi Perangkat daerah (OPD) terkait dan PDAM dapat memahaminya, termasuk memiliki data warga pra sejahtera yang ada di Kukar.

“Persoalan bukan hanya pada incame perkapita, namun persoalan terbesar ada pada persoalan sanitasi yang berkaitan dengan lingkungan dan salah satunya adalah layanan air bersih. Saya ingin 2020 ada lompatan percepatan yang besar untuk memberikan layanan air bersih kepada masyarakat, agar kesejahteraan masyarakat Kukar dapat terpenuhi,” kata Edi Damansyah lagi.( Medsi 04 ).

Bupati Hadiri Silaturahmi Bersama Abpednas Kaltim

Berita Sebelumnya

Bupati Harap Erau Berdampak Terhadap Ekonomi Rakyat

Berita Selanjutnya

Yang Lain di INFO KUKAR

Tinggalkan Komentar