5 Kali

TENGAGRONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi atas peran serta dunia usaha yang turut membantu dalam pengembangan potensi pertanian di Kecamatan Marangkayu, mulai dari bantuan pembibitan padi sawah hingga Teknologi Tepat Guna (TTG) seperti Mesin Combine Harvester (alat panen padi) hingga mesin pemipil jagung hibrida, pekan lalu. “Saya mengapresiasi atas sumbangsih dunia usaha yang ada di Kecamatan Marangkayu dan sekitarnya, membantu para Gabungan kelompok tani (Gapokrtan) sebagai upaya percepatan dan pengembangan pertanian di Kukar,” kata Edi Damansyah dalam acara Penanaman 1001 Mangrove di Pantai Kersik, Marangkayu.

Bupati Edi Damansyah berpesan kepada semua kelompok tani (Poktan) yang ada di Marangkayu untuk terus berinovasi dan mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas, berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para petani. “Gunakan bantuan yang diberian dengan sebaik-baiknya, teruslah berinovasi dan kembangkan sektor pertanian, tidak hanya di Marangkayu melainkan semua kecamatan Kukar,” ujarnya.

Ditambahkan Edi Damansyah, sektor pertanian tersebut merupakan salah satu program prioritas pembanguanan di Kukar. Untuk itu diharapkan peran partisipasi dunia usaha, mendukung program pemerintah khususnya dalam penguatan sektor pertanian dalam arti luas yang berdaya saing. “Peningkatan pengelolaan pertanian ini dalam upaya percepatan transpormasi struktur ekonomi daerah yang masuk pada misi ke-4 program Gerbang Raja. Untuk itu saya menghimbau kepada dunia usaha, masyarakat agar terus termotovasi dalam mengembangkan pertanian sebagai penguatan ekonomi daerah,” katanya.

Diketahui, beberapa jenis bantuan yang diserahkan oleh Bupati Edi Damansyah kepada gapoktan Marangkayu yaitu, Combine Harvester (alat panen padi) diterima gapoktan Junantar desa Sebuntal, gapoktan Santan Utama desa Santan Ulu, Alsin Pemipil Jagung Hibrida untuk gapoktan Macoli Laloe desa Santan Tengah, Alsin Pemipil Multiguna poktan Sumber Sejahtera desa Santan Ulu. Kemudian bantuan benih jangung hibrida bibit 228 untuk 300 hektar untuk gapoktan Santan Jaya, desa Santan Tengah, bantuan benih padi sawah 534 haktare untuk poktan Setia Kawan desa Sebuntal. Bantuan benih padis awah 212 hektare untuk gapoktan Bina Etam Bersama desa Santan Ulu dan bantuan benih padi sawah 490 hektare untuk Poktan Hidup Baru 2 desa Semangko. (Medsi07)

Bupati Ingin Pemilih Pemula Ikut Sukseskan Pesta Demokrasi

Berita Sebelumnya

BPBD Kukar Bersihkan Lapangan Upacara Kantor Bupati

Berita Selanjutnya

Yang Lain di INFO KUKAR

Tinggalkan Komentar