3 Kali

TENGGARONG –Upaya penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Tabang khususnya, sudah cukup baik dan masyarakat menyambut baik kegiatan tim penanggulangan Karhutla. "Keterbatasan sarana dan prasarana serta waktu yang singkat terkesan lambat namun hasilnya mulia dapat dirasakan masyarakat sekitar, dan keberadaan satuan pelaksana penanggulangan Karhutla Kukar mempunyai langkah tindak lanjut dan selalu terkoordinir dengan baik dalam melaksanakan tugas lapangan," demikian dikatakan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah pada saat menyampaikan amanat apel Penutupan Tim Penanggulangan Karhutla Kabupaten Kukar, di Lapangan MTQ ke 41 Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang, Selasa (1/10/2019).

Edi mengatakan, yang lebih penting adalah bagaimana upaya semua untuk dapat meminimalisisr dampak yang kemungkinan terjadi akibat Karhutla tersebut. Oleh karena itu, dikatakan Edi hendaknya satuan pelaksana penanggulangan Karhutla dapat memberikan berbagai informasi kepada warga khususnya masyarakat yang berada di kawasan rawan Karhutla.

Lebih lanjut dikatakannya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tidak dilakukan untuk diri sendiri melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Swasta dan masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan amanat Inpres nomor 16 tahun 2011 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang telah menginstruksikan kepada 15 Kementerian/Lembaga teramsuk Gubernur dan Bupati/Walikota untuk melakukan tugas pengendalian kabakaran hutan dan lahan diwilayah masing – masing.

"Saya mengimbau kepada semua unsur, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat agar secara bersama – sama dapat bekerja lebih keras, cerdas dan tuntas untuk melakukan kegiatan pemadaman, patroli dan mensosialisasikan seruan larangan pada seluruh masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan, serta upaya – upaya lain yang produktif dapat mengurangi dan mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan," imbaunya. Adapaun tim model korelatif penanggulangan Karhutla Kabupaten Kukar melibatkan instansi terkait diantaranya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Satpol PP, yang dimotori TNI dan Polri.

Tim penanggulangan Karhutla Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kecamatan Tabang sudah bekerja sejak dimulainya apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan tanggal 25 September 2019 diLapangan Desa Muara Ritan Kecamatan Tabang. Dalam apel tersebut juga dilakukan pembacaan ikrar janji oleh tokoh masyarakat Kecamatan Tabang. Turut hadir Kapolres Kabupaten Kukar AKBP Anwar Haidar, Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Yohanes Alling, Kejari Tenggarong Darmowijoyo, Kepala OPD Lingkungan Pemkab Kukar, TNI, Polri dan tim Karhutla. (Medsi06)

Malam Ta'ruf dan Tausiyah MTQ ke 41, Hadirkan Koko Liem dan Yadi Sembako

Berita Sebelumnya

Hari Kesaktian Pancasila Kukar Diperingati di Tabang

Berita Selanjutnya

Yang Lain di INFO KUKAR

Tinggalkan Komentar