16 Kali

TENGGARONG -Ratusan wali murid Sekolah Dasar Negeri 07 yang terdiri dari wali murid kelas 1, 2 dan 5, ikut serta dalam sosialisasi BIAS DT dan Td yang dilaksanakan Sabtu kemarin, (27/7) di ruang guru SDN 07 Timbau Tenggarong. Hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi ini Dr. M. Surya Tiyantara, Bidan Hesty Noorliyanti A Md, Keb, Faramida Lestari A.Md, Keb, dari Puskesmas Rapak Mahang.

Berdasarkan UU No. 36 tahun 2009 pasal 130 sebagai landasan hukum tentang peran pemerintah dalam pemberian imunisasi lengkap kepada bayi dan anak, dikarenakan sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan terhadap tingkat kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika masih bayi.Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar atau sederajat yang pelaksanaannya serentak di seluruh Indonesia dengan nama Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)

" Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I (Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) sampai usia anak sekolah " ujar Hesty Noorliyanti, A.Md, koordinator sosialisasi yang juga seorang Bidan di Puskesmas Rapak Mahang.

BIAS diberikan sebagai imunisasi bagi anak usia SD atau sederajat (MI/SDLB). Ini merupakan komitmen pemerintah khusisnya kementrian kesehatan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui kesehatan sekolah (UKS). Selain itu berdasarkan keputusan mentri kesehatan RI no 1059/MENKES/ SK/IX/2004 tentang pedoman penyelenggaraan imunisasi bahwa imunisasi sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah penyakit melalui pemberian kekebalan tubuh harus dilaksanakan secara terus menerus, menyeluruh, dan dilaksanakan sesuai standar sehingga mampu memberikan perlindungan kesehatan dan memutus mata rantai penularan penyakit. (info.prokom.NG)

Khotamul Quran, Tandai Purnatugas Kabag Pembangunan Setkab

Berita Sebelumnya

Pemerintah Akan Bangun IPA Santan Ilir

Berita Selanjutnya

Yang Lain di INFO KUKAR

Tinggalkan Komentar